Berita

    Kenali Penyebab Blower AC Mobil Mati & Cara Mengatasinya

    Blower adalah komponen utama dari sistem pendingin udara, yang bertanggung jawab untuk meniupkan udara panas atau dingin melalui ventilasi AC di dalam mobil. Jika blower ac mobil mati atau berhenti bekerja karena suatu kesalahan, udara tidak akan mengalir keluar dari ventilasi saat Anda menghidupkan AC di kendaraan.

    Penyebab paling umum untuk blower AC tidak berfungsi adalah sekring putus, relay buruk, resistor atau modul kontrol tidak berfungsi dan motor blower rusak. Namun, konektor listrik yang buruk atau kabel yang putus, atau kerusakan pada unit kontrol udara juga dapat menyebabkan blower berhenti bekerja.

    Lebih lengkapnya, berikut penyebab dari blower ac mobil yang mati: 

            1. Sekring Putus

    Blower AC membutuhkan listrik untuk bekerja. Jika sekring rusak, sirkuit terputus dan motor tidak akan dapat bekerja.

    Periksa kotak sekring untuk menemukan lokasi yang tepat dari sekring yang ditujukan untuk blower ac. Jika sekring putus, gantilah dengan yang baru sesuai rating amp yang sudah ditentukan.

            2. Relay Buruk

    Relay adalah saklar elektromagnetik yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan beban listrik. Relai yang buruk juga bisa menjadi penyebab kegagalan blower AC mobil mati. 

    Pertama-tama, Anda harus mencari tahu di mana letak relay blower di kendaraan. Informasi tersebut mungkin tercantum dalam panduan manual kendaraan. Biasanya relai terletak di kompartemen mesin atau di bawah roda kemudi di sisi kiri. 

    Namun sebelum Anda memulai penggantian, sangat disarankan untuk melepas aki kendaraan terlebih dahulu. 

            3. Resistor atau Modul Kontrol yang Buruk

    Fungsi resistor blower adalah untuk mengatur kecepatan motor blower. Saat Anda menambah atau mengurangi kecepatan kipas AC di kendaraan, unit kontrol suhu akan memberi sinyal ke modul resistor untuk menambah atau mengurangi aliran arus listrik ke motor blower. Jika modul resistor mengalami kesalahan, dapat menyebabkan motor blower berhenti bekerja.

            4. Motor Blower Rusak

    Saat Anda menyalakan kipas AC di kendaraan, dan udara tidak mengalir keluar dari ventilasi, atau aliran udara yang buruk atau tidak konsisten, bisa jadi karena motor blower yang rusak.

    Cara Mengatasi Blower AC yang Mati

    Ketika blower ac mobil mulai tidak berfungsi dengan baik, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengecekan dan perbaikan. Sebaiknya, mobil langsung dibawa ke bengkel resmi agar mendapatkan penanganan dari ahlinya.