Berita

    Ketahui Ciri Shockbreaker Mati dan Rusak

    Bagi para pemilik kendaraan, shockbreaker tentu menjadi hal wajib yang harus diperhatikan demi kenyamanan selama berkendara. Pasalnya, fungsi utama dari shockbreaker sendiri adalah sebagai peredam dari guncangan.

    Hanya saja masih banyak dari para pemilik kendaraan yang belum kesulitan atau belum menyadari seperti apa tanda atau ciri-ciri jika shockbreaker mobil mati. 

    Maka dari itu, artikel ini akan membantu Anda untuk mencari tahu seperti apa ciri-ciri jika shockbreaker kendaraan Anda mati ataupun rusak.

    Ciri-Ciri Shockbreaker Mobil Mati dan Rusak

    Tugas utama shockbreaker adalah sebagai penyerap getaran saat akan melewati jalanan yang bergelombang ataupun berlubang. Hal tersebut agar membuat Anda dapat merasakan kestabilan serta kenyamanan selama berkendara.

    Hanya saja, pemakaian yang terus-menerus tentu akan membuat baik kondisi mobil serta komponen didalamnya rentan mengalami kerusakan atau aus. Sehingga penting bagi Anda untuk bisa mengenali ciri-ciri dari shockbreaker mobil mati atau rusak, sebagai berikut:

    • Aus pada Ban Tidak Merata

    Jika salah satu ban mobil Anda alami keausan yang tidak rata pada salah satu atau beberapa ban mobil baik pada sisi bagian dalam maupun luarnya. Hal tersebut dapat menjadi pertanda jika kapasitas shock mobil Anda sudah mulai menurun atau karena setelan di kaki-kaki secara keseluruhan belum pas.

    • Alami Kebocoran Oli

    Kebocoran ini menjadi salah satu tanda yang paling mudah untuk dikenali apabila shockbreaker alami kerusakan atau mati. 

    Hanya saja, kebocoran oli ini hanya terjadi jika jenis shockbreaker Anda menggunakan oli, membuat shockbreaker tidak dapat berfungsi dengan optimal tanpa oli. 

    Maka dari itu, saat oli bocor hal ini akan membuat area di sekitarnya jadi berlumuran oli dan dapat dengan mudah diketahui.

    Adanya kebocoran pada shockbreaker biasanya terjadi karena seal (bushing) alami kerusakan seperti pecah atau terdapat retakan pada area sealnya.

    • Menimbulkan Bunyi atau Suara Berisik

    Saat mobil Anda melintasi jalanan yang bergelombang atau berlubang lalu membuat suara atau bunyi yang terdengar berisik, ini bisa menjadi pertanda jika shockbreaker pada kendaraan Anda mati atau rusak!

    Bunyi atau suara mengganggu yang dihasilkan saat sedang melintasi jalan bergelombang disebabkan oleh seal (bushing) yang telah mengalami keausan. Sehingga membuat shockbreaker jadi tidak berfungsi secara optimal.

    • Terasa Bergoyang Karena Tidak Menahan Guncangan