Berita

    Musim Panas Ini Tips Melindungi Mesin agar Tetap Aman

    Memasuki musim kemarau suhu lingkungan akan meningkat. Tidak hanya menyebabkan gerah, cuaca panas juga bisa menyebabkan kerusakan pada mobil Anda. Tidak perlu khawatir, ada beberapa tips melindungi mesin mobil saat musim panas.

    Cuaca yang sangat panas di musim kemarau dapat menyebabkan cat mobil memudar. Tidak hanya itu, performa mesin juga bisa menurun jika mobil terpapar suhu ekstrim dalam waktu lama. 

    Tips Melindungi Mesin dari Kerusakan Saat Musim Panas

    Supaya mesin tetap aman saat cuaca panas, ada tips yang bisa Anda lakukan. Berikut merupakan poin-poin dan penjelasan ringkasnya:

    • Selalu Perhatikan Kondisi Oli Mesin

    Oli mesin memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga performa mesin mobil Anda. Selain berfungsi melumasi komponen mobil, oli juga memiliki fungsi untuk menyerap panas pada mesin mobil Anda.

    Saat musim kemarau, suhu mesin bisa mengalami peningkatan sehingga memerlukan oli yang prima supaya panas dapat diserap dengan baik dan mobil tidak mengalami overheat

    Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kondisi oli mesin mobil Anda dan menggantinya secara rutin. Oli mobil biasanya perlu diganti setiap 5 ribu atau 10 ribu km. 

    • Cek Pendingin Mobil secara Berkala

    Selain oli, Anda juga perlu melakukan pemeriksaan sistem pendingin mobil secara berkala. Pendingin mesin sangat berperan penting untuk menyerap suhu panas dan menjaga suhu mesin mobil agar tetap pada batas ideal. 

    Seperti yang Anda ketahui suhu panas pada mesin yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan mobil mengalami overheating. Jika mobil mengalami overheating, komponen mesin mobil bisa rusak dan mobil bisa mogok. 

     

    menjaga mesinFreepik.com

    Terlebih pada suhu lingkungan yang panas, komponen pendingin akan bekerja lebih keras dalam menyerap panas. 

    Agar proses pendinginan dapat berlangsung dengan optimal maka pastikan volume cairan pendingin, tutup radiator, dan kipas radiator dalam kondisi aman sebelum Anda berkendara. 

    • Hindari Membawa Barang Mudah Terbakar

    Tips melindungi mesin mobil berikutnya sebaiknya Anda tidak meninggalkan barang yang mudah terbakar di dalam mobil. Khususnya ketika Anda memarkirkan mobil di tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. 

    Beberapa contoh barang yang mudah terbakar diantaranya seperti botol air mineral, korek api, sampai power bank. Plastik bisa meleleh ketika terkena suhu panas dan apabila terkena percikan api maka bisa menimbulkan kebakaran.

    Oleh karena itu, setelah parkir keluarkan barang yang mudah terbakar dari dalam mobil Anda untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. 

    • Perhatikan Kondisi AC

    Saat cuaca panas tentu  AC menjadi komponen penting untuk menjaga kabin tetap sejuk. Namun saat musim panas sebaiknya Anda tidak menghidupkan AC secara langsung begitu Anda menyalakan mesin mobil.

    Hal tersebut dikarenakan mesin belum bekerja dengan maksimal ketika baru saja dinyalakan. 

    Jika Anda menyalakan AC tepat setelah menyalakan mobil bisa memberi beban pada mesin mobil Anda dan berpotensi menyebabkan mesin tegang atau kinerja mesin menjadi terganggu.

    • Parkir Mobil di Tempat yang Teduh

    Kiat melindungi mesin mobil terakhir, usahakan selalu memarkirkan mobil Anda di tempat yang teduh dan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari yang terik dapat menyebabkan cat body mobil memudar dan mengelupas.

    Paparan sinar UV juga bisa menyebabkan kerusakan pada interior mobil seperti pada bagian jok dan dashboard. Anda bisa membuka sedikit kaca jendela sehingga kabin mobil tidak panas.