Berita

    Tips Perawatan Rutin untuk Mobil Keluarga

    Mobil adalah fasilitas yang dapat memudahkan keluarga untuk bepergian bersama dengan mudah. Namun perlu diingat bahwa mobil tersebut perlu dirawat agar tetap dalam kondisi prima. Itulah mengapa tips perawatan mobil yang baik diperlukan.

    Di dalam tips ini, Anda akan tahu apa saja yang harus dilakukan agar mobil tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Selengkapnya dapat Anda temukan dalam uraian di bawah ini!

    Tips Perawatan Mobil

    Ada beragam hal yang perlu Anda perhatikan untuk merawat mobil keluarga. Berikut di antaranya:

    • Mengganti Oli secara Rutin

    Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh para pemilik mobil adalah penggantian oli mesin secara rutin dengan merek yang berkualitas. Umumnya, oli mesin harus diganti setelah mobil menempuh jarak 10.000 kilometer.

    Penggantian oli ini penting karena berpengaruh terhadap kinerja mesin. Jika oli tidak diganti, maka akan merusak komponen mesin dan membuatnya aus.

    • Memanaskan Mesin Secara Rutin

    Tips perawatan mobil lain yang bisa dilakukan adalah memanaskan mesin secara rutin. Terlebih lagi jika mobil tersebut jarang digunakan. Hal ini dapat menjaga kualitas dan membuat oli tetap bekerja dengan baik.

    Setidaknya, Anda perlu memanaskannya tiga kali dalam seminggu. Akan lebih baik lagi bila Anda bisa memanaskannya tiap hari. Tak perlu lama-lama karena Anda cukup melakukannya selama satu menit saja.

    • Perhatikan Ban

    Ban adalah komponen yang langsung bersentuhan dengan tanah. Oleh sebab itu, ban memiliki alur agar tidak mudah selip saat mobil dikendarai. Alur inilah yang harus Anda perhatikan.

    Jika ban sudah mulai tipis sehingga alur mulai tak terlihat, maka Anda harus menggantinya. Anda bisa memastikannya menggunakan alat khusus atau bertanya kepada bengkel resmi kapan seharusnya ban tersebut diganti.

    Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tekanan udara ban agar sesuai dengan standarnya. Hal ini dapat meminimalisir kerusakan ban dan hal-hal yang tak diinginkan lainnya.

    • Membersihkan Kendaraan

    Kendaraan perlu dibersihkan secara rutin. Caranya dengan membersihkan bagian dalam dari sampah-sampah yang ada. Selain itu, Anda juga perlu mengelap body mobil tiap hari dengan lap kering.

    mencuci mobil

    Tak hanya lebih bersih saja, hal ini juga membuat mobil terhindar dari bau yang tak sedap. Selain itu, pembersihan ini juga bisa mencegah kotoran masuk dan merusak komponen mobil.

    • Mengecek Tangki Bahan Bakar

    Tips perawatan mobil selanjutnya adalah mengusahakan agar tangki bahan bakar tetap penuh. Dengan demikian, tak ada ruang bagi udara di dalam tangki tersebut.

    Jika udara dibiarkan dalam jumlah banyak dan waktu yang lama, maka akan menyebabkan embun. Embun ini akan merusak komponen tangki hingga menimbulkan kebocoran.

    • Mengecek Keadaan Berbagai Cairan

    Mobil memiliki berbagai cairan yang harus dicek, seperti minyak rem, air wiper, air aki, dan lain sebagainya. Anda bisa mengecek semua cairan tersebut agar tetap terisi sesuai standar.

    Beragam cairan ini bisa membantu mobil untuk tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Jika ada kekurangan, maka bisa membuat komponen mobil mengalami kerusakan.

    • Lakukan Servis Rutin

    Mobil harus diservis secara rutin. Dengan demikian, kerusakan mobil dapat diketahui sedini mungkin. Anda bisa melihat informasi lebih lanjut mengenai hal ini di buku servis.