Berita

    Ketahui Cara Menggunakan Avometer Digital

    Pengujian, identifikasi, dan pemecahan masalah sirkuit listrik, komponen, dan perangkat memerlukan penggunaan avometer digital. Dibandingkan dengan avometer analog usang dengan teknologi berbasis jarum, avometer digital pertama dirilis pada akhir 1970-an dan sejak itu terbukti jauh lebih akurat dan dapat dipercaya. Hal ini umumnya digunakan untuk mengukur resistansi, arus, dan tegangan (dalam volt) (ohm). Tapi itu hanya awal dari kemampuan yang sangat berharga dari alat ini.

    Apa itu avometer digital?

    Alat yang disebut avometer digital digunakan untuk mengukur berbagai hal, antara lain tegangan, hambatan, arus, kapasitansi, dan kontinuitas listrik. Gadget elektronik digunakan untuk mengatur banyak kebutuhan elektronik yang kita anggap remeh dalam kehidupan modern. Sejak diperkenalkannya smartphone, gadget ini sudah benar-benar menjadi hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari.

    Dalam situasi seperti berikut, sulit untuk mengetahui apakah gadget tertentu menunjukkan anomali listrik melalui inspeksi visual karena akurasi perangkat elektronik yang sangat tinggi dan fakta bahwa listrik tidak terlihat.

    • Ketika perangkat elektronik tidak bekerja dengan benar
    • Ketika Anda ingin memeriksa keamanan atau kualitas perangkat listrik yang dihasilkan

    Avometer digital, bagaimanapun, dapat digunakan dalam keadaan ini untuk menilai kondisi peralatan listrik dari beberapa masalah. Avometer digital juga digunakan oleh non-spesialis dalam berbagai konteks, seperti oleh pelanggan dan bahkan remaja yang coba-coba merakit peralatan listrik. 

    Cara Menggunakan Avometer Digital

            1. Baterai Pengujian

    Gunakan mode tegangan pada meteran Anda untuk memverifikasi keluaran baterai sebagai pemeriksaan pertama dan paling mendasar. Pertama, hubungkan probe hitam meteran ke jack COM (umum). Masukkan probe merah ke dalam jack bertanda "Volts" atau "+V" (Anda juga bisa melihat simbol di sebelah V yang menyerupai tapal kuda terbalik; kita akan membahasnya sebentar lagi).

            2. Menguji Outlet Listrik

    Berikut cara menentukan apakah stopkontak di rumah Anda memiliki tegangan yang benar, yang di sebagian besar rumah modern adalah 120 volt. Colokkan probe hitam ke jack COM hitam meteran, dan probe merah ke jack volts merah. Kemudian putar pembusukan Berikut cara memeriksa apakah stopkontak rumah Anda menghasilkan tegangan yang tepat, yang di sebagian besar rumah modern adalah 120 volt. Hubungkan probe merah ke jack volt merah pada meteran dan probe hitam ke jack COM hitam. Selanjutnya, atur sakelar putar ke Volts AC (Vac), yang juga dilambangkan pada dial dengan garis bergelombang.