Berita

    Featured Image

    Tips Menghilangkan Bekas Sticker tanpa Melukai Mobil

    Cara menghilangkan bekas sticker di mobil sebenarnya cukup praktis. Anda hanya perlu tahu apa saja alat dan bahan yang tepat untuk melakukannya. Artikel ini cocok untuk Anda yang hobi memasang sticker di mobil untuk membuat tampilannya menarik. 

    Hobi menempelkan sticker untuk meningkatkan estetika mobil memang tidak bisa dihindarkan. Tetapi, sulit untuk melepaskan lem bekas sticker dengan daya rekat tinggi. Namun tenang, ada berbagai cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkannya.

    5 Cara Menghilangkan Bekas Sticker di Mobil

    Memasang sticker di mobil kini bisa Anda lakukan sesuka hati. Sebab, tidak perlu bingung lagi jika ada bekas lem sticker yang susah dihilangkan. Cara-cara di bawah ini akan membantu Anda mengembalikan permukaan mobil mulus seperti sedia kala:

    • Menggunakan Air Sabun Panas

    Tips pertama adalah dengan menggunakan air panas yang dicampurkan dengan sabun. Isi baskom dengan air panas, lalu beri sabun cair secukupnya. Lalu, masukkan kain microfiber ke dalam baskom hingga menghasilkan busa. 

    Anda dapat menggunakan capit untuk memasukkan kain microfiber agar tangan terlindungi dari air panas. Setelah itu, letakkan kain tersebut ke area mobil yang permukaannya terdapat bekas sticker

    Biarkan hingga kurang lebih satu jam. Air panas tersebut akan melembutkan lem sticker, sehingga memudahkan Anda membersihkan sisa lem. 

    • Menggosokkan Alkohol

    Cara menghilangkan bekas sticker di mobil selanjutnya adalah menggosokkan alkohol ke area terdampak. Alkohol merupakan bahan yang masih aman digunakan. Sebab, tidak akan berbekas serta cepat mengering. 

    Alat untuk menggosokkan alkohol dapat menggunakan kain bersih atau kapas. Anda perlu membasahi kain bersih atau kapas dengan alkohol. Kemudian, gosokkan pada permukaan mobil dengan bekas lem sticker di atasnya.

    Gosok terus hingga bekas tersebut menghilang. Bila bekas lem membandel, Anda bisa membiarkan kain atau kapas selama beberapa menit pada area tersebut. Ini bertujuan agar lem melunak dan lebih mudah lepas saat digosok kembali.

    • Menyemprotkan Adhesive Remover

    Adhesive remover atau pembersih lem merupakan produk khusus yang memang diperuntukkan menghilangkan bahan-bahan perekat. Misalnya, getah, bekas double tape, dan termasuk bekas lem sticker.

    Menyemprotkan Adhesive RemoverFreepik.com

    Sifat produk tersebut melarutkan bekas lem sticker, termasuk bekas yang sudah lama menempel. Untuk melakukannya mudah saja, mulai dengan menyiapkan kain bersih. Lalu, letakkan kain tersebut di sekitar area bekas lem. 

    Selanjutnya, semprotkan produk adhesive remover hingga merata dan menutupi seluruh area terdampak. Diamkan terlebih dahulu hingga beberapa menit. Untuk membersihkan dan menggosok sisa lem yang terlepas, gunakan kain baru.

    • Memanfaatkan Es Batu

    Anda juga bisa memanfaatkan es batu yang ada di rumah sebagai cara menghilangkan bekas sticker di mobil. Masukkan es batu secukupnya ke plastik atau wadah sejenis yang bisa menyalurkan dingin. 

    Letakkan plastik berisi es batu ke permukaan mobil dengan bekas sticker. Biarkan hingga bekas tersebut mengeras dan sudah tidak terlalu lengket lagi. Lanjutkan dengan mengikisnya dengan alat seperti silet secara perlahan agar tidak merusak cat mobil.

    • Memakai Aseton

    Aseton adalah produk yang digunakan untuk menghilangkan cat kuku atau kuteks. Namun, bahan ini juga bisa Anda pakai sebagai penghilang bekas sticker di eksterior mobil. Sebab, aseton ampuh melarutkan material seperti perekat hingga plastik. 

    Celupkan kapas ke dalam aseton, lalu gosokkan pada area terdampak. Biarkan beberapa menit, lalu gosok dengan kain hingga bekas sticker bersih. Terakhir, bilas area tersebut dengan air lalu keringkan.