Berita

    Featured Image

    Tips Melatih Respon dan Feeling saat Mengemudi

    Mempunyai feeling dan respon yang kuat penting bagi para pengemudi demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Oleh sebab itu, tips melatih feeling saat mengemudi beserta respon diperlukan untuk memperkuatnya.

    Secara singkat, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah memperhatikan gerakan kemudi. Selengkapnya dapat dilihat dalam uraian berikut ini.

    Tips Melatih Feeling saat Mengemudi dan Respon

    Feeling dan respon adalah dua hal penting dalam mengemudi. Bila mempunyai keduanya, para pengemudi akan bisa mengantisipasi beragam kondisi di jalan dengan cepat dan senyaman mungkin. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melatihnya:

    • Memperhatikan Gerakan Setir

    Setir adalah salah satu komponen utama pada mobil. Dengan setir, para pengemudi bisa mengendalikan mobil yang ukurannya jauh lebih besar agar bergerak sesuai keinginan maupun kebutuhan.

    Jika ada perubahan gerakan dan posisi setir, para pengemudi harus bisa merasakannya. Perubahan yang tak wajar bisa menjadi tanda adanya masalah. Masalah tersebut akan berakibat fatal bila tak diatasi segera.

    • Kenali Mobil Lebih Dalam

    Tak hanya setir saja, keadaan beragam komponen mobil lain juga harus diperhatikan dalam tips melatih feeling saat mengemudi. Keadaan komponen-komponen tersebut dapat diketahui dengan sering mengendarai mobil di jalanan.

    Saat mengendarainya, perhatikan bagaimana mobil merespon pengemudi lewat akselerasi, belokan, dan pengereman.

    Lama-lama, para pengemudi akan memahami bagaimana seharusnya mobil mempunyai performa yang baik. Bila ada gangguan, para pengemudi bisa langsung memahami dan segera mengatasinya.

    • Gunakan Alat Bantu Mengemudi

    Mobil dilengkapi oleh banyak alat bantu sehingga para pengemudi bisa mengendarainya dengan baik. Alat-alat bantu tersebut antara lain adalah spion, kamera belakang, dan lain sebagainya. Ada juga alat bantu yang berada di jalanan seperti marka.

    Alat-alat bantu tersebut perlu digunakan saat mengemudi agar semakin aman dan nyaman. Maka dari itu, para pengemudi perlu belajar menggunakannya agar semakin terbiasa. Selain itu, pelajari juga karakteristik dari alat-alat bantu tersebut.

    • Menjaga Emosi

    Tips melatih feeling saat mengemudi dan respon yang lain adalah menjaga emosi. Menjaga emosi penting agar para pengemudi tidak kehilangan kontol dan fokus saat berkendara yang dapat berakibat fatal.

    Dengan penjagaan emosi yang baik, maka feeling dan respon Anda sebagai pengendara pun dapat semakin meningkat.

    Menjaga emosi sendiri bisa dilatih dengan beberapa cara sederhana. Misalnya adalah jika merasa emosi, para pengemudi bisa meminggirkan kendaraannya terlebih dahulu dan menarik nafas serta mengeluarkannya hingga mereda.

    Sebagai saran, jangan paksakan untuk berkendara terlebih lagi jika emosi tersebut tak bisa dibendung lagi.

    • Gunakan Bagian-Bagian Mobil sebagai Patokan

    Ada banyak bagian mobil yang bisa digunakan sebagai patokan saat berkendara. Misalnya adalah spion ujung bumper bagian belakang yang bisa diperhatikan dengan spion saat memarkirkan kendaraan.

    Gunakan Bagian-Bagian Mobil sebagai PatokanFreepik.com

    Selain itu, para pengemudi juga bisa memperhatikan logo mobil pada kap mesin. Bila logo tersebut terlihat semakin mendekati mobil depan saat berkendara di jalan, maka jarak antar mobil pun turut semakin dekat.

    • Jangan Lupa Evaluasi Diri

    Evaluasi penting agar para pengemudi memahami apa yang kurang dari dirinya dan perlu diperbaiki. Selain itu, evaluasi juga bisa membuat para pengemudi mengetahui apa yang sudah dilakukan dengan benar sehingga patut dipertahankan bahkan ditingkatkan.