Berita

    Ketahui Nama-Nama Kunci Bengkel

    Kunci bengkel terdiri dari berbagai macam jenis, bentuk, dan fungsi yang berbeda-beda. Penting bagi Anda untuk mengetahui komponen ini satu per satu. Apalagi jika Anda memang hendak menekuni dunia otomotif atau hanya sekedar tahu saja. 

    Namun bagi pemilik mobil, Anda jelas akan membutuhkannya untuk membenahi mobil Anda secara mandiri. Simak artikel di bawah ini agar Anda mengenali macam-macam kunci untuk alat bengkel.

    Inilah Berbagai Jenis Kunci Bengkel yang Harus Anda Ketahui

    Ada kalanya, Anda harus melakukan pengecekan mobil atau bahkan service sendiri. Sebagai pengetahuan, berikut ini jenis-jenis kunci bengkel yang biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

    • Kunci Pas

    Bentuk dari kunci pas adalah setengah dari segi enam, sementara ukurannya bervariasi mulai dari berukuran 66 mm sampai 36 mm. Sementara diameter antara sisi ujung kanan dan sisi ujung kiri juga berbeda, jika sisi kanan 11 mm maka sisi kiri 10 mm. 

    Fungsi dari kunci pas adalah untuk membuka, melepas, mengencangkan dan melonggarkan baut pada mesin atau komponen lainnya. Hal yang menjadi kelebihan dari kunci pas ini adalah dapat menjangkau baut atau sisi-sisi yang sulit untuk dicapai kunci shock dan kunci ring. Sebab kunci pas ini memiliki fleksibilitas yang lebih dibandingkan jenis kunci lain.

    • Kunci Ring

    Kunci ring memiliki bentuk heksagonal pada sisi rahangnya. Kunci satu ini difungsikan agar bisa menjangkau bagian-bagian yang sempit. Kunci ring memiliki daya cengkram yang kuat dengan desain rahang yang sesuai dengan desain baut. 

    Kunci ring memiliki fungsi yang menyerupai kunci pas, namun kunci ring lebih sering dipakai untuk membuka atau mengencangkan baut dengan kekuatan yang maksimal. Gagang pada kunci pas juga lebih panjang apabila dibandingkan dengan kunci pas dengan gaya tuas yang lebih besar lagi.

    • Kunci Kombinasi

    Kunci kombinasi adalah gabungan antara kunci pas dan kunci ring pada masing-masing sisinya. Memiliki kunci ini bisa menambah kepraktisan, karena Anda jadi bisa mendapatkan manfaat dari fungsi kunci ring sekaligus fungsi pas.

    • Kunci Inggris

    Kunci bengkel berikutnya adalah kunci inggris, gunanya untuk memasang dan melepas baut apabila tidak bisa diatasi dengan kunci ring maupun kunci pas. Kunci inggris memiliki rahang yang bisa disempitkan sesuai dengan sekrup putar pada rahang kunci.

    • Kunci L