Berita

    Kenali Fungsi dari Body Repair Pada Mobil

    Body repair biasanya menjadi pilihan untuk perbaikan body mobil dari kerusakan akibat tabrakan atau benturan. Perbaikan bodi mobil biasanya menggunakan metode-metode tertentu sesuai dengan tingkat kerusakannya. Bengkel body repair biasa dianggap, tempat paling tepat untuk menangani kerusakan panel bodi, sekaligus mengembalikan warna mobil yang lecet akibat goresan karena penggunaan harian dan sebagainya.

    Tahap pengerjaan body repair bisa dinilai dari hasil finishing body yang hasilnya seperti mobil baru. Pengecetannya rapi, pemberian pelapis bodi dan cat yang bagus, sehingga membuat mobil  kembali seperti baru. Body repair yang baik biasanya mengerjakan perbaikan body dengan  rapi. Mereka biasanya menggunakan beberapa  lapisan cat untuk memulihkan kondisi mobil setelah bodynya dirapikan.

    Bengkel mobil yang sudah memiliki pengalaman menangani kerusakan body, biasanya menggunakan empat lapisan dalam pengecatan Mulai dari lapisan primer yang mencegah karat, pengaplikasian surfacer sebagai pencegahan defect absorb, dilanjutkan dengan base coat  sebagai warna utama, hingga clear coat untuk mencegah cat cepat pudar.

    Metode Body Repair

    Perbaikan kerusakan body mobil di bengkel body repair biasa dilakukan melalui identifikasi dan pemeriksaan lebih dahulu untuk memastikan letak kerusakan, dan tingkat kerusakan sebuah mobil. Dari pemeriksaan teknisi bengkel akan mengetahui apakah kerusakan mobil masuk dalam kategori ringan atau sedang. Jika masuk kategori itu, maka  bengkel akan melakukan metode washer welder, palu on-off dolly dan sinking. Sementara untuk perbaikan body mobil dengan kerusakan berat akan menggunakan metode CO2 mig atau mag welding masuk dalam kategori kerusakan berat biasanya meliputi penyambungan atau penggantian panel, karena kerusakan parah yang dialami.

    Dalam perbaikan ada tiga tahap, yang umumnya dilakukan untuk mengembalikan kondisi body mulus seperti semula

    • Tahap pertama l, seperti yang dijelaskan di atas dengan mengidentifikasi kerusakan, untuk memastikan metode dan perlengkapan apa yang akan dipakai untuk memperbaiki mobil tersebut
    • Tahap kedua, panel yang mengalami kerusakan akan diperbaiki dengan beberapa langkah mulai dari pembersihan dan pengamplasan mobil agar sisa cat dan semua bagian yang rusak dapat dibersihkan, kemudian akan dilanjutkan dengan pendempulan dan pengecatan ulang.
    • Tahap ketiga, panel yang sudah dilakukan perbaikan akan di finishing dengan melakukan pemolesan menyeluruh, agar body dan cat mobil kembali mengkilap, seperti sedia kala.