Berita

    Featured Image

    Cara Mengatur Pencahayaan Interior Mobil

    Sudah sewajarnya jika setiap pengendara mengetahui tentang cara mengatur pencahayaan interior mobil. Pasalnya, tata cahaya yang tidak tepat akan membuat pengalaman berkendara Anda kurang optimal. 

    Mulai dari kondisi kabin yang terlalu gelap atau justru merasa silau karena efek sinar lampu yang terlalu terang. Agar mendapatkan pencahayaan yang tepat, pahami apa saja jenis lampu interior mobil dan cara pengaturannya. Berikut penjelasannya. 

    Cara Mengatur Pencahayaan Interior Mobil yang Optimal

    Secara umum, yang termasuk lampu interior mobil bawaan pabrik adalah lampu kabin atau dikenal juga dengan sebutan lampu courtesy atau lampu kubah. 

    Fungsinya adalah sebagai pencahayaan di mobil saat hendak membaca, mencari barang yang jatuh, dan lain sebagainya. Terdapat 3 mode yang bisa Anda pilih pada saklar lampu interior mobil ini, yaitu: 

    • Mode On

    Pada mode yang pertama ini lampu interior mobil akan terus menyala sampai dimatikan secara manual atau diubah ke mode off saat tidak diperlukan.   

    • Mode Off

    Pada mode yang kedua ini lampu interior dalam kondisi tidak menyala sehingga ruang kabin akan gelap. Umumnya, mode off akan digunakan ketika sudah tidak membutuhkan pencahayaan seperti di siang hari. 

    Saat dibutuhkan, maka Anda harus menyalakan lampu secara manual yaitu mengubah mode saklar menjadi mode on. 

    • Mode Door

    Alternatif yang ketiga adalah mode door yang mengatur pencahayaan interior mobil akan menyala secara otomatis setiap kali membuka pintu mobil. Namun, tidak akan menyala saat pintu mobil ditutup. 

    Dengan memilih mode door sebagai cara mengatur pencahayaan interior mobil, Anda akan mendapatkan penerangan sehingga tidak terjatuh saat hendak keluar mobil. 

    Saran Pengaturan Pencahayaan Interior Mobil

    Dari ketiga mode yang ada pada saklar lampu mobil, rata-rata pengemudi tidak menggunakan mode on saat berkendara. Pasalnya, dalam kondisi terang pupil mata pengemudi akan mengecil karena menyesuaikan tingkat pencahayaan yang masuk. 

    Dengan kata lain, sinar yang keluar dari lampu justru membuat jarak pandang pengemudi di area luar mobil menjadi terganggu sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan. 

    Saran Pengaturan Pencahayaan Interior MobilFreepik.com

    Selain itu, jika saklar lampu dalam kondisi on akan membuat aki mobil menjadi boros sehingga berdampak pada performa mobil yang semakin menurun hingga tiba-tiba mogok. 

    Sedangkan saat kondisi gelap ketika memilih mode off juga akan menyulitkan pengemudi. Misalnya saja, terbentur karena kurang menunduk ketika akan masuk ke dalam mobil. 

    Bahkan, Anda pun akan sulit memasukkan kunci kontak ke ignition switch atau bagian lubang kontak yang berada di sekitar kemudi. 

    Jadi, pengaturan pencahayaan untuk interior mobil yang paling tepat adalah dengan memilih mode door. Sebab selain sebagai pencahayaan, mode ini juga berguna untuk mengetahui ada pintu mobil yang tidak tertutup dengan rapat. 

    Jenis Lampu Interior Mobil Lainnya

    Berikut jenis lampu interior mobil yang berfungsi untuk menerangi bagian tertentu pada ruang kabin selain lampu kubah (lampu kabin). 

    • Lampu Pintu

    Merupakan lampu yang diletakkan di dalam atau luar mobil dan akan aktif saat pintu dibuka sehingga memudahkan pengemudi atau penumpang untuk masuk/keluar mobil.  

    • Lampu Bagasi

    Merupakan lampu yang dipasang pada bagasi mobil dengan tujuan memberi penerangan saat akan memuat/menurunkan barang, mencari benda, atau saat hendak melakukan perawatan mobil di malam hari. 

    • Lampu Aksen

    Merupakan lampu yang bisa dipasang dimana saja, seperti bawah jok atau dashboard dengan tujuan untuk memberikan penerangan tambahan sekaligus meningkatkan tampilan mobil. 

    Cara mengatur pencahayaan interior mobil yang paling tepat adalah dengan memilih mode door untuk lampu kabin. Hal ini dikarenakan bahwa mode ini akan membuat Anda mendapatkan cahaya ramah di mata sehingga bisa berkendara dengan aman dan nyaman.