Berita

    Cara Gampang Mengemudi Mobil Bertransmisi Matic

    Boleh dikatakan bahwa mobil bertransmisi manual di Indonesia masih lebih disukai di Indonesia. Meski demikian, di perkotaan mobil bertransmisi matic justru lebih banyak peminatnya.

    Ada banyak alasan mengapa mobil transmisi matic lebih banyak disukai oleh masyarakat perkotaan. Salah satu alasan paling sederhana adalah mengemudikan mobil transmisi matic tidak melelahkan mobil bertransmisi manual. Ini karena pengendara tidak perlu menginjak pedal kopling sama sekali. Perpindahan gigi juga semua sudah diatur secara matic.

    Kondisi ini tentunya sangat menguntungkan bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan dan harus berkendara stop and go. Namun bagi mereka yang belum terbiasa, menggunakan mobil transmisi matic juga bisa berbahaya. Hal ini karena pengendara bisa salah menginjak pedal rem dan pedal gas karena belum terbiasa. Kondisi ini tentunya bisa sangat berbahaya.

    Kasus kecelakaan karena salah menginjak pedal rem dan gas sebenarnya juga sudah cukup banyak terjadi. Kondisi ini tentunya patut untuk dicermati sebagai salah satu perhatian agar kecelakaan tidak terjadi di masa depan.

    Dan berikut adalah beberapa tips untuk pengendara mobil matic pemula

    Pastikan Tuas Berada Dalam Posisi P atau Parkir

    Cara mengemudi mobil matic bagi pemula adalah dengan memastikan tuas berada di posisi yang benar. Sebelum menyalakan mobil, posisi tuas ini harus ada di posisi P, atau bisa juga pada posisi N. pastikan tuas tidak sedang berada di posisi reverse atau R. posisi ini berarti mundur. Mobil matic sendiri hanya akan bisa dihidupkan jika posisi tuas berada di posisi N atau P.

    Jangan Langsung Hidupkan Mesin

    Ketika memasukan kunci pada lubangnya, sebaiknya jangan langsung menyalakan mesin. Namun, pastikan untuk menunggu sampai jarum berputar dan indikator telah aktif atau menyala. Jika semua indikator tersebut sudah aktif, maka mobil sudah siap untuk dinyalakan.

    Injak Pedal Rem Saat Starter

    Untuk beberapa mobil matic tertentu mesin mobil tidak akan berada pada posisi hidup jika Sahabat tidak menginjak serta menekan pedal bagian rem. Oleh sebab itu, sebaiknya ketika menstarter mobil langsung saja menginjak rem. Namun pada beberapa mobil matic, cara ini tidak diperlukan. Jadi pastikan untuk mengetahui betul jenis kendaraan tersebut.

    Menekan Pedal Rem Saat Memindahkan Tuas

    Ketika mesin sudah dapat menyala, langkah selanjutnya adalah memindahkan tuas yang semula berada pada posisi P atau N ke posisi juas R atau D. Namun ketika memindahkan tuas pada persneling, disarankan untuk menekan pedal rem terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya resiko kerusakan pada mesin mobil matic.