Berita

    Bahaya Meninggalkan Barang Penting di Mobil

    Meninggalkan barang di mobil merupakan salah satu hal yang sering dilakukan oleh para pengemudi atau penumpang. Namun ternyata, ada berbagai bahaya meninggalkan barang penting di mobil.

    Bahaya-bahaya ini perlu Anda ketahui untuk meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan. Ikuti selengkapnya dalam uraian berikut ini untuk memahaminya!

    Ragam Bahaya Meninggalkan Barang Penting di Mobil

    Saat ini, meninggalkan barang di mobil telah menjadi salah satu kebiasaan. Alasannya pun bermacam-macam, seperti penumpang atau pengemudi hanya meninggalkan mobil sebentar dan mereka akan merasa kerepotan jika membawanya. 

    Namun sebenarnya hal tersebut merupakan kebiasaan buruk yang harus dicegah karena adanya beragam bahaya, seperti:

    • Pencurian

    Pencurian kerap terjadi di berbagai kesempatan, seperti saat ada barang penting ditinggalkan di mobil. Terlebih lagi jika barang tersebut bernilai cukup tinggi. Bahkan, pencuri tak segan-segan merusak kunci atau memecahkan kaca untuk mengambilnya.

    Bagaimanapun juga, Anda bisa mencegah hal tersebut terjadi. Salah satunya dengan membawa barang-barang berharga bersama Anda sekalipun hanya meninggalkan mobil dalam waktu singkat.

    • Kebakaran

    Beberapa barang tertentu bisa meledak jika dibiarkan dalam mobil apalagi di bawah cahaya terik. Misalnya adalah korek gas dan baterai pada gawai. Hal ini disebabkan tekanan zat di dalamnya yang meninggi sehingga membuatnya meledak.

    Ledakan ini bisa membuat berbagai masalah lainnya muncul, seperti pecahnya kaca mobil. Bahkan, ledakan ini bisa menimbulkan kebakaran pada mobil itu sendiri. Itulah mengapa, benda-benda mudah meledak tak boleh ditinggalkan dalam mobil.

    • Menimbulkan Racun

    Makanan yang ditinggalkan dalam mobil bisa berubah menjadi racun sehingga berbahaya untuk dimakan jika ditinggalkan. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan zat terutama jika terpapar di bawah sinar matahari. Selain itu, hal ini juga bisa menimbulkan bau.

    Tak hanya itu saja, minuman kemasan juga bisa berubah jadi racun. Hal ini disebabkan plastik dari minuman tersebut meleleh akibat berada di dalam mobil yang panas sehingga zat yang dikandung mencemari air. Selain itu, rasanya pun bisa berubah.

    Oleh sebab itu, makanan maupun minuman tak boleh ditinggalkan dalam mobil sembarangan. Jika perlu, maka Anda bisa segera menghabiskan makanan dan minuman tersebut agar tidak terlalu lama di dalam kabin mobil.

    • Perubahan Kadar Obat

    Bahaya meninggalkan barang penting di mobil lainnya adalah berubahnya kadar obat. Banyak obat yang perlu disimpan dalam suhu ruangan. Hal ini disebabkan obat-obat tersebut memiliki zat tertentu yang akan berubah jika terkena panas.

    bahaya obat ditinggalkan di dalam mobilUnsplash.com

    Bila dibiarkan dalam mobil, maka kadar berbagai obat tersebut berpotensi untuk berubah. Perubahan kadar ini bisa membuat fungsi obat menjadi tidak seampuh seperti sebelumnya. Selain itu, perubahan ini juga bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh.

    • Menimbulkan Bahaya bagi Udara

    Beberapa zat bisa bercampur dengan udara sehingga membuatnya berbahaya bila ditinggalkan pada mobil. Misalnya adalah kosmetik yang berbentuk bubuk. Hal ini dapat membuat berbagai masalah kesehatan termasuk pada paru-paru.

    Itulah mengapa bahan-bahan tersebut tak boleh ditinggalkan dalam mobil terutama dalam waktu yang lama. Selain itu, Anda perlu menutup kemasan dari bahan-bahan tersebut agar tidak mudah mengendap di udara mobil.