Berita

    Wajib Tahu! Tips Mengatur Sorot Lampu pada Mobil

    Sebagian pengendara mungkin saja masih kurang memperhatikan kondisi komponen mobil, bahkan untuk hal-hal penting seperti sorot lampu mobil. Padahal, hal tersebut sangat berkaitan dengan keselamatan berkendara dan tidak boleh diabaikan.

    Sebenarnya, bagaimana cara untuk mengatur sorot lampu pada mobil sehingga aman untuk berkendara? Jangan lewatkan pembahasan pada artikel ini dan pastikan Anda telah mengikuti tips berikut dengan baik!

    Tips Mengatur Sorot Lampu Mobil

    Aspek keselamatan menjadi hal yang sangat penting diperhatikan ketika berkendara, termasuk ketika harus melintasi jalanan yang gelap. Maka dari itu, berbagai komponen pun perlu dipastikan kondisinya, termasuk lampu mobil.

    Jika arah lampu mobil kurang tepat, bisa jadi memicu berbagai risiko keselamatan, bagi diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Sorot lampu yang tidak diatur dengan baik juga bisa mengganggu penglihatan bagi pengendara yang berlawanan arah dengan Anda.

    Berikut adalah tips mengatur sorot lampu pada mobil yang tepat, supaya Anda bisa berkendara dengan aman.

    • Parkirkan Mobil di Depan Tembok, Pastikan Tempatnya Rata

    Langkah pertama, Anda perlu memarkirkan mobil di tempat yang rata, lalu hadapkan mobil ke arah tembok. Atur mobil Anda dengan jarak sekitar 7 sampai 7,5 meter dari tembok. Pastikan bahwa setiap sisi mobil telah berada di ketinggian yang sama.

    Selanjutnya, pastikan juga ruangan tersebut memiliki cahaya yang minim, sehingga sorot lampu mobil nantinya akan tampak jelas.

    • Nyalakan Lampu Mobil dan Perhatikan Arah Cahayanya

    Langkah kedua, silakan Anda menyalakan lampu mobil, lalu perhatikan arah cahaya dari kedua lampu tersebut.

    Ukur titik fokus cahaya di sebelah kiri dan kanan. Jika kesulitan, Anda bisa memanfaatkan solasi hitam, tempelkan pada tembok di bagian fokus titik cahaya.

    Anda dapat memperhatikan kedua arah cahaya tersebut, apakah sudah seimbang tingginya atau belum.

    • Jika Perlu Diatur lebih Lanjut, Bukalah Kap Mesin

    Apabila ketinggian dari sorot lampu mobil sebelah kanan dan kiri tidak sama, maka Anda dapat mengaturnya secara manual. Langkah pertama, bukalah bagian kap mobil dan temukan pengaturan lampu di sana.

    Setiap jenis mobil bisa memiliki pengaturan yang berbeda, Anda dapat mencarinya dengan bantuan penerangan dari senter. Pastikan untuk mencarinya dengan berhati-hati, jangan sampai merusak berbagai komponen mesin di sana.

    • Atur Ketinggian dari Cahaya

    Untuk dapat mengatur ketinggian sorot lampu mobil, Anda dapat menyesuaikan dengan tipe mobilnya. Ada yang perlu memakai obeng, serta ada juga yang perlu memakai kunci bintang atau kunci L.

    Aturlah lampu di bagian kanan dan kiri, sehingga memiliki ketinggian yang sama. Setelah itu, Anda juga perlu mengatur arah cahaya yang paling sesuai, sebaiknya diatur supaya sejajar dengan tinggi dari badan mobil.

    Jangan diatur terlalu tinggi atau terlalu rendah, karena nantinya akan menyulitkan Anda ketika sedang berkendara di dalam kondisi gelap. Sesuaikan saja dengan badan mobil, sehingga Anda bisa mendapatkan sorot cahaya yang tepat.

    • Jika Merasa Kesulitan, Dapat Mendatangi Bengkel Resmi Terdekat

    Anda dapat melakukan pengaturan lampu sendiri, sesuai dengan langkah-langkah  yang telah dijelaskan di atas.

    Namun, jika merasa kesulitan atau tidak memiliki waktu yang cukup, maka bisa juga datang ke bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan bantuan secara profesional.

    Dengan begitu, maka lampu mobil akan diatur dengan tepat dan Anda bisa berkendara dengan lebih aman.

    Tentunya, keselamatan berkendara perlu menjadi hal yang utama, sehingga berbagai persiapan pun perlu dilakukan sebelum memulai perjalanan. Tips di mengatur sorot lampu di atas dapat menjadi hal penting yang sebaiknya Anda ketahui dan lakukan.