Berita

    Tips Berkendara Aman dan Menjadi Pengemudi Bertanggung Jawab

    Bertanggung jawab sebagai pengemudi bisa Anda wujudkan dengan menerapkan berbagai tips menghindari kecelakaan yang terdapat pada artikel ini. Selain melindungi Anda dan penumpang mobil dari risiko yang mengancam keselamatan, Anda pun akan belajar tentang etika berkendara yang aman.

    Aturan seperti mengecek kondisi mobil hingga mematuhi aturan lalu lintas terdapat dalam tips berkendara aman berikut ini. Harapannya, Anda lebih waspada terhadap berbagai risiko kecelakaan yang bisa terjadi di jalan sehingga mengutamakan perlindungan agar sampai tujuan dengan selamat.

    5 Tips Menghindari Kecelakaan dan Berkendara dengan Aman

    Berbagai tips di bawah ini cukup variatif dan berlaku dari sebelum berkendara hingga saat berada di tengah perjalanan.  

    • Crosscheck Kondisi Kendaraan

    Sebelum menggunakan mobil, Anda wajib memeriksa dan mengecek kondisi komponennya. Mulai dari radiator, mesin, rem, lalu ban mobil, rem, hingga bahan bakar mobil, menjadi contoh komponen krusial yang perlu Anda crosscheck.

    Jadi, Anda terhindar dari risiko seperti rem blong, kehabisan bahan bakar, serta ban bocor atau kempes. Berkendara pun lebih aman sebab Anda sudah cek kondisi mobil setidaknya dua kali.

    • Mengenakan Seat Belt (Sabuk Pengaman)

    Sabuk pengaman disediakan untuk pengemudi dan penumpang sebagai fitur keamanan pasif pada mobil, yang ditujukan untuk meminimalisir dampak benturan ketika kecelakaan terjadi.

    Tips menghindari kecelakaan yang satu ini juga berguna untuk melindungi Anda dan penumpang dari risiko terpental apabila mengalami kecelakaan besar. 

    • Menerapkan Jarak Aman Berkendara

    Jarak aman antara mobil Anda dengan kendaraan di depan adalah 3 detik. Anda bisa menerapkan jarak tersebut ketika mengendarai mobil dengan kecepatan melebihi 40 km/jam. 

    Ini akan membantu Anda terhindar dari benturan akibat kendaraan yang mundur tiba-tiba. Selain itu, 3 detik dirasa jadi waktu yang cukup untuk Anda bereaksi saat terdapat situasi darurat di sekitar Anda.

     

    menjaga jarak mengemudi

    • Konsentrasi Penuh pada Kemudi

    Tips menghindari kecelakaan berikutnya adalah mengemudi dengan fokus dan tidak memecah konsentrasi dengan bermain smartphone atau pun makan dan minum. Ini diutamakan bagi Anda yang mengemudi di jalanan ramai, sebab potensi situasi tidak terduganya cukup tinggi.

    Untuk berkonsentrasi, Anda pun perlu berada dalam kondisi prima. Apabila Anda mengantuk dan lelah, sebaiknya minta bantuan agar digantikan terlebih dahulu hingga kondisi Anda kembali segar dan memadai untuk jadi pengemudi.

    Selain itu, Anda juga harus sadar saat memegang kemudi mobil. Maka dari itu, usahakan tidak menyetir apabila Anda mengonsumsi minuman beralkohol yang persentasenya cukup tinggi dan berisiko menurunkan kesadaran Anda.

    • Menaati Rambu dan Lampu Lalu Lintas

    Jalan raya memiliki aturan yang ditetapkan untuk keselamatan berkendara. Mulai dari tersedianya berbagai rambu serta lampu lalu lintas untuk mengontrol alur perjalanan para pengguna jalan.

    Sebagai pengemudi bertanggung jawab, Anda wajib menaati rambu-rambu serta mematuhi lampu lalu lintas. Jika melanggar, Anda tidak hanya berisiko membahayakan diri sendiri dan penumpang yang Anda bawa, namun juga pengendara lainnya.

    Lalu, jangan lupa menggunakan lampu sein mobil dengan bijak ketika Anda ingin berbelok. Jadi, pengendara di sekitar Anda pun waspada dan memberi ruang yang cukup.