Berita

    Simak Cara Putar Balik Mobil bagi Pengendara Pemula

    Bagi para pengendara pemula yang mungkin masih mengasah keterampilan mengendalikan mobil, penting sekali untuk mempelajari berbagai teknik. Tak hanya teknik menjalankan mobil tapi juga putar balik. Teknik putar balik mobil ini sangat penting untuk dikuasai karena pada saat-saat tertentu memang kendaraan harus diputar balik.

    Teknik Putar Balik Mobil

    Jika seorang pengendara pemula bisa menguasai teknik berkendara yang benar secara lengkap, maka pasti akan terasa lebih nyaman dan tenang. Terutama saat harus putar balik, jika tahu caranya maka tak akan panik saat memang perlu putar balik. Berikut adalah dua teknik yang penting dipahami pemula:

    • Three Point Turn

    Teknik pertama adalah three point turn. Teknik ini umumnya digunakan di jalan yang tidak terlalu lebar atau jalan sempit. Biasanya saat melaju di jalan sempit pengendara langsung panik karena putar balik cukup sulit dilakukan. Memang di jalan yang sempit pengendara tidak bisa langsung melakukan putar balik tapi harus maju mundur beberapa kali.

    Pengemudi harus memposisikan tuas transmisi pada gigi pertama. Setelah itu kemudi bisa diputar berkebalikan dengan posisi mobil. Jika mobil di sebelah kiri maka kemudi harus diputar ke kanan. Injaklah pedal gas sambil tetap memutar kemudi ke arah yang berkebalikan tadi.

    Selanjutnya, atur transmisi gigi mundur dan injak pedal gas sambil menggerakkan kemudi ke arah yang berlawanan. Misalnya, tadi awalnya kemudi diarahkan ke kanan maka sekarang diarahkan ke kiri. Ganti transmisi ke gigi pertama sambil tetap menginjak pedal gas. Nah, selanjutnya tinggal putar lagi kemudi ke kanan menggunakan teknik putar balik mobil hand to hand untuk mengendalikan kemudi. 

    • U Turn

    Teknik berikutnya adalah U turn. Teknik ini jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan three point turn tadi. Teknik U turn memungkinkan pengendara untuk melakukan putar balik secara langsung jadi tidak harus maju mundur beberapa kali terlebih dahulu. Biasanya teknik ini diterapkan saat melaju di jalanan yang cukup lebar. 

    Pertama-tama, pengendara harus menempatkan mobil dekat pembatas jalan. Setelah itu ganti transmisi ke gigi pertama dan jangan langsung menginjak pedal gas. Pastikan untuk menginjak rem dan kopling sampai jalanan benar-benar aman. Jika sudah dirasa aman, injak pedal gas secara perlahan. 

    Saat melepas rem dan menginjak gas perlahan, ikuti dengan gerakkan membelokkan kemudi ke arah yang diinginkan. Pastikan untuk tetap waspada melihat situasi jalan agar tidak membahayakan orang lain yang sedang berkendara di sana. Lakukan perlahan saja sampai posisi mobil sudah sesuai keinginan.