Berita

    Mengungkap Bedanya Modifikasi dan Custom Kendaraan

    Di dalam lingkup dunia otomotif, ada dua istilah yang sangat terkenal yaitu modifikasi dan juga custom kendaraan. Merupakan dua konsep yang berbeda, artikel ini akan membahas tentang pengertian modifikasi serta hal yang membedakan modifikasi dengan custom kendaraan.

    Meski dua hal ini merupakan dua konsep yang berbeda, namun nyatanya banyak orang yang masih belum paham mengenai konsep modifikasi dan custom serta perbedaan dari keduanya.

    Menyikapi hal tersebut, pembahasan mengenai dua istilah beken di dunia otomotif akan dijelaskan masing-masingnya pada poin penjelasan berikut!

    Pengertian Modifikasi dan Custom Kendaraan

    Sebelum membahas perbedaan dari modifikasi dan custom, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu terkait masing-masing pengertian dari kedua istilah otomotif tersebut.

    Jadi sebenarnya apa itu modifikasi? Modifikasi memiliki pengertian yang mengacu kepada pengubahan dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia.

    Berangkat dari pengertian tersebut, dapat diketahui bahwa modifikasi di dalam dunia otomotif merupakan sebuah pengubahan kendaraan, baik itu pada motor maupun mobil dari bentuk awal atau bentuk semula.

    Umumnya, modifikasi dilakukan dengan melakukan perubahan pada motor yang memiliki standar pabrik dengan mengganti bagian komponennya.

    Sementara untuk custom, sesuai namanya, merupakan sebuah istilah yang diartikan sebagai pembuatan sebagian atau seluruh kendaraan yang dibuat berdasarkan pesanan yang diminta oleh pelanggan.

    Custom kendaraan biasanya juga dicirikan dengan hasil jadi dari kendaraan yang di-custom menjadi memiliki tampilan desain unik.

    Pembahasan lebih lengkapnya terkait perbedaan dari modifikasi dan custom di dunia otomotif akan dijelaskan pada pin selanjutnya.

    Perbedaan Modifikasi dan Custom Kendaraan

    Setelah sebelumnya dibahas mengenai definisi dari modifikasi dan arti custom, berikut ini akan dibahas mengenai perbedaan antara keduanya. Jadi, perlu Anda ketahui bahwa perbedaan antara modifikasi dan custom kendaraan adalah sebagai berikut:

    • Ditinjau dari Hasil Perubahannya

    Berdasarkan pengertian modifikasi dan custom, dilihat dari segi perubahannya, keduanya akan memiliki hasil yang berbeda. 

    Apabila modifikasi hanya menampilkan hasil perubahan pada bagian tertentu saja maka untuk hasil perubahan dari custom yaitu menampilkan perubahan yang secara lebih luas,

    • Ditinjau dari Total Perubahannya