Berita

    Di Luar Kota? Ini Tips Memilih Bengkel Mobil Non Resmi

    Supaya mendapat hasil maksimal, maka sebaiknya lakukan servis kendaraan di bengkel resmi. Sedang di luar kota dan tidak menjumpai bengkel resmi? Berikut tips memilih bengkel mobil non resmi

    Perawatan mobil harus dilakukan secara berkala untuk menjaga performa kendaraan supaya terus prima. Servis mobil sendiri harus ditangani oleh tenaga profesional sehingga Anda tidak boleh sembarangan memilih bengkel.

    Tips Memilih Bengkel Mobil Non Resmi

    Kesalahan memilih bengkel bisa berdampak pada kualitas servis yang buruk. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa tips memilih bengkel non resmi yang bisa Anda perhatikan.

    • Mencari Tahu Reputasi Bengkel

    Yang pertama Anda bisa mencari bengkel non resmi berkualitas dengan menanyakan reputasi bengkel pada keluarga atau warga terdekat bengkel. Anda bisa meminta pendapat orang terdekat Anda mengenai bengkel mana yang paling memiliki kinerja terbaik.

    Anda juga bisa mengecek ulasan bengkel lewat media sosial bengkel jika ada. 

    • Pilih yang Memiliki Peralatan Lengkap

    Fasilitas atau peralatan yang ada di bengkel menunjukkan tingkat profesionalisme dari bengkel tersebut.

    Bengkel yang berkualitas meskipun non resmi biasanya memiliki peralatan dan fasilitas yang tergolong lengkap. Anda bisa melihat ke bengkel secara langsung untuk mengetahui apakah bengkel tersebut menyediakan fasilitas yang lengkap atau tidak.

    Anda bisa memilih bengkel yang menyediakan ruang tunggu yang bersih dan nyaman. 

    • Harga dan Layanan Sepadan

    Bengkel non resmi biasanya memiliki biaya servis yang lebih murah dari bengkel resmi. Namun bukan berarti Anda bisa langsung memilih bengkel yang menawarkan harga murah. 

    Anda perlu membandingkan biaya dan kualitas layanan apakah sesuai atau tidak. 

    Selain itu, bengkel yang berkualitas juga biasanya lebih transparansi soal biaya perbaikan. Sebelum perbaikan atau perawatan dimulai, Anda bisa meminta biaya perkiraan servis dan biaya tambahan yang diperlukan. 

    • Mempunyai Mekanik Profesional

    Mempunyai Mekanik ProfesionalPexels.com

    Tips memilih bengkel mobil non resmi berikutnya Anda perlu memilih bengkel yang mempunyai mekanik profesional atau yang kompeten di bidangnya. 

    Profesionalisme mekanik bisa Anda ketahui dengan melihat bagaimana mekanik menangani permasalahan konsumen atau dengan memiliki sertifikat mekanik atau tidak. 

    Mekanik yang kompeten juga biasanya mau mengajak diskusi konsumen mengenai solusi atas permasalahan kendaraan. Dengan memilih mekanik profesional, Anda tidak perlu khawatir penipuan yang meminta perbaikan yang tidak diperlukan.

    • Bengkel Mempunyai SOP

    Bengkel yang bagus biasanya memiliki dan menerapkan SOP dalam setiap aktivitasnya. Bengkel yang memiliki SOP menunjukkan jika bengkel tersebut memiliki layanan yang berkualitas. 

    Adanya SOP membuat pekerja akan menjelaskan permasalahan kendaraan beserta solusinya dengan jelas dan tepat. 

    • Bengkel Menyediakan Suku Cadang Asli

    Berikutnya bengkel yang berkualitas juga menyediakan suku cadang yang asli yang memiliki standar dan ukuran sesuai dengan pabrikan. Suku cadang asli memiliki usia pemakaian yang lebih lama dibandingkan dengan suku cadang aftermarket atau KW. 

    Suku cadang aftermarket memang memiliki harga yang lebih murah dibandingkan yang asli, namun kualitasnya tidak sebaik suku cadang yang asli. Usahakan untuk memilih bengkel yang menyediakan suku cadang asli.

    Selain itu, Anda juga memilih bengkel yang menyediakan garansi sehingga Anda tidak perlu membayar kembali jika perbaikan tidak berhasil atau tidak sesuai klaim pihak bengkel.