Berita

    Featured Image

    Banyak Fitur Digital di Dashboard! Apakah Memengaruhi Konsumsi BBM

    Selain mempercantik interior, dashboard berfungsi sebagai tempat penampung berbagai fitur digital mobil. Fitur-fitur ini sangat bermanfaat untuk membantu Anda dalam mengendarai mobil dan meningkatkan kenyamanan.

    Fitur digital memberikan tampilan yang lebih modern dengan teknologi yang canggih dan kekinian. Lantas, apakah fitur digital ini memengaruhi efisiensi bahan bakar? Bagaimana cara memanfaatkan teknologi ini secara bijak?

    Apakah Fitur Digital Mobil Memengaruhi Konsumsi BBM?

    Anda mungkin berpendapat bahwa mustahil apabila fitur dengan teknologi secanggih itu mampu bekerja dengan baik tanpa adanya konsumsi bahan bakar yang besar. Sayang sekali, kenyataan berkata lain.

    Dashboard digital dapat Anda sesuaikan sepenuhnya menurut preferensi dan kebutuhan. Sementara itu, dashboard analog menampilkan seluruh fitur secara fisik tanpa memberi Anda kesempatan untuk membuang bagian yang bagi Anda tak begitu penting.

    Misalnya, seorang pengemudi menyukai tampilan dashboard yang penuh. Ia memilih untuk menampilkan seluruh fitur tanpa harus repot mencari dan mengatur ulang di kemudian hari.

    Akan tetapi, Anda lebih menyukai tampilan yang minimalist, sehingga memprioritaskan beberapa fitur saja. Anda akan memperoleh visual dashboard yang interaktif dengan beberapa grafik dan animasi yang mempermudah pemahaman Anda.

    Keleluasaan konfigurasi fitur inilah yang akan membantu Anda menghemat bahan bakar. Caranya dengan menampilkan fitur penghemat bahan bakar beserta kiat-kiatnya.

    Misalnya, fitur yang menampilkan jarak tempuh dan konsumsi bahan bakar mobil. Fitur ini juga akan menyertakan informasi di mana titik pengisian bahan bakar terdekat. Selain itu, ada petunjuk navigasi satelit yang memungkinkan Anda selalu berada di jalur yang benar.

    Kelemahan dashboard dengan tampilan digital ini, yaitu gangguan fokus pada pengemudi. Ikon dan animasi yang terdapat di dashboard dapat menyedot perhatian Anda, terutama saat fokus Anda melemah.

    4 Fitur Digital Mobil yang Dapat Menghemat BBM

    Mobil kekinian sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang menekan konsumsi BBM dan tanpa sadar membiasakan Anda menerapkan cara mengemudi yang ramah lingkungan. Berikut empat fitur yang patut Anda prioritaskan untuk ditampilkan di dashboard.

    1. Eco Mode

    Anda dapat mengendarai mobil dengan mode irit bensin. Fitur yang terletak di sekitar tuas persneling ini dapat dimatikan dan dihidupkan sesuai kebutuhan Anda.

    Cara kerja Eco Mode, ialah mengubah timing perpindahan gigi saat putaran mesin rendah. Perpindahan gigi terjadi secara otomatis di bawah 2.500 rpm. Di samping itu, fitur ini dapat memperingan bantingan suspensi dan feeling lingkar kemudi.

    1. Auto Start Stop

    Fitur Auto Start Stop atau Idling Stop System bekerja dengan cara mematikan mesin saat mobil Anda berhenti sesaat. Tak perlu menghidupkan mobil secara manual, Anda hanya perlu menginjak pedal gas untuk melanjutkan perjalanan Anda.

    Anda akan menghemat BBM dari 5 sampai 14 persen. Tentunya, akan sangat berguna di kondisi jalanan yang macet.

    1. Eco Indicator

    Eco Indicator dapat mendeteksi gaya mengemudi Anda berdasarkan perpindahan transmisi atau penginjakan pedal gas. Fitur ini akan menyala saat Anda mengendarai mobil dengan halus, tidak membuat akselerasi mendadak.

    1. Cruise Control

    Dengan fitur Cruise Control, mobil akan tetap melaju secara konstan tanpa membuat Anda menginjak pedal gas berulang kali. Penerapan fitur ini pada jalan mendatar bebas hambatan. Misalnya, jalan tol.