Berita

    Ketahui Tanda Air Radiator Mobil Habis & Bahaya Overheat

    Radiator adalah salah satu komponen pada mesin mobil yang memiliki peranan penting dalam kinerja mesin. Fungsi radiator pada mesin mobil adalah untuk menstabilkan suhu mesin kendaraan agar tidak terjadi kondisi panas berlebih atau overheat

    Air radiator adalah cairan yang berfungsi untuk mendukung kinerja radiator menstabilkan suhu kendaraan agar tidak terjadi overheat. Agar terhindar dari overheat, kita perlu mengecek kondisi komponen dari radiator dan juga tetap memperhatikan agar air radiator tetap terisi.

    Berikut merupakan tanda dari air radiator habis dan perlu di isi :

            1. Muncul indikator warning temperature pada cluster.

    Salah satu tanda yang paling umum jika air radiator habis adalah munculnya indikator atau penanda berupa warning temperature pada speedometer mobil. Biasanya jarum indikator akan menunjukkan ke angka merah jika mesin mengalami overheat.

    Jika hal ini terjadi saat Anda sedang mengemudi sebaiknya pinggirkan kendaraan Anda dan bawa ke bengkel terdekat.

            2. AC Mobil tiba-tiba tidak dingin

    Tanda kedua yang sering muncul jika air radiator habis adalah AC mobil yang tiba-tiba tidak dingin atau hanya berhembus blower nya saja. Hal ini biasanya memang sudah dirancang oleh pabrikan sebagai pertanda jika ada yang tidak beres dengan mesin mobil Anda.

    Jika sudah mengalami hal ini, sebaiknya Anda langsung pinggirkan mobil dan cek kondisi pendingin mobil. Biasanya masalahnya ada pada bagian pendingin mesin, cek jika terjadi kebocoran, tutup radiator yang lemah atau air radiator yang sudah habis. Jika tidak memungkinkan Anda bisa langsung memeriksakan kondisi mobil Anda ke bengkel terdekat. Hal ini harus segera Anda lakukan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah di mesin mobil Anda.

            3. Timbul suara dari kap mesin

    Umumnya kondisi ini terjadi jika mesin mobil mengalami overheat. Suara yang timbul biasanya seperti suara ngelitik atau kasar dari mesin. Jika hal ini terjadi pada mobil Anda sebaiknya langsung periksa kondisi air di radiator.

            4. Mobil mogok

    Jika sudah sangat panas, biasanya mobil kehilangan daya gas atau yang lebih parah mesin bisa mati dan menyebabkan mobil mogok. Jika sudah terjadi hal seperti ini, Anda bisa mengunjungi bengkel terdekat untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh atau Anda bisa menggunakan bantuan mobil derek untuk menderek mobil Anda.