Berita

    Ketahui Kebiasaan Berbahaya saat Berkendara.

    Kecelakaan yang marak terjadi diakibatkan kelalaian kita dalam berkendara. Banyak kebiasaan berbahaya saat berkendara yang kerap dilakukan dimana hal tersebut dapat membahayakan keselamatan diri kita dan orang lain. 

    Untuk berkendara dengan aman, mari ketahui beberapa hal berbahaya yang tidak boleh dilakukan saat kita mengemudi di bawah ini.

    Kebiasaan Berbahaya saat Berkendara yang Harus Dihilangkan

    Salah satu faktor besar yang dapat menimbulkan kecelakaan di jalan raya adalah ketidak fokusan kita dalam berkendara. Anda perlu mengetahui beberapa hal yang menurunkan fokus kita saat berkendara dan dapat membahayakan diri berikut ini.

    • Mengabaikan Pengaman saat Berkendara

    Fasilitas pengaman seperti seatbelt atau helm harus digunakan saat berkendara di jalan untuk memastikan keamanan diri. Namun, banyak orang yang mengabaikannya dan hanya memakai benda tersebut ketika ada polisi saja karena takut terkena tilang.

    Padahal, tujuan utama fasilitas tersebut untuk menjaga kita dari benturan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Jadi, tetaplah memakainya baik ketika berkendara jauh maupun dekat, serta jangan memakainya ketika ada aparat polisi saja.

    • Bermain Ponsel

    Sepenting apapun panggilan atau pesan yang kita terima saat berkendara, menepilah jika Anda ingin menjawabnya. Bermain ponsel saat berkendara dapat berakibat fatal, apalagi jika melakukannya dalam waktu yang lama.

    Fokus kita akan terbagi ketika membalas pesan atau melakukan panggilan saat berkendara. Sepersekian detik saja dapat mengakibatkan kecelakaan yang fatal. Jika begitu, tak hanya diri kita, tetapi orang lain juga bisa terdampak.

    • Membuka Pintu Sembarangan saat Turun dari Mobil

    Terdengar sepele, tapi ini adalah kebiasaan berbahaya saat berkendara yang sering terjadi dan membahayakan. Jika Anda tidak berhati-hati, besar kemungkinan orang yang lewat tepat saat Anda membuka pintu akan terbentur, bahkan terjatuh.

    Jika demikian, maka jangan salahkan orang lain karena tidak melihat Anda membuka pintu mobil. Untuk antisipasi, turunlah dari sisi pintu yang bersebelahan dengan trotoar. Jika tidak bisa, perhatikan jalanan dengan baik saat Anda membuka pintu.

    • Kesalahan saat Menyalakan Lampu saat Berbelok

    Ketidakfokusan dapat membuat kita keliru dalam menekan lampu sein. Kesalahan seperti ini dapat terjadi baik pada orang tua ataupun muda. Pastikan Anda menyalakan sisi lampu yang benar saat berbelok.