Berita

    Jangan Sembarangan Putar Balik Mobil, Gunakan Teknik Ini Agar Aman!

    Melakukan putar balik mobil bisa saja menjadi hal yang cukup menegangkan, terutama bagi pemula. Hal tersebut karena tidak terbiasa dan belum memahami teknik yang tepat.

    Bagi pengendara lain, kesulitan juga terjadi saat berada di jalan yang ramai atau sempit. Namun tidak perlu khawatir, terdapat dua teknik yang dapat Anda lakukan. Mari ikuti informasi selengkapnya berikut!

    Berkendara Semakin Aman, Ini Dua Cara Putar Balik Mobil yang Perlu Anda Ketahui!

    Saat memutar balikkan kendaraan, Anda harus tetap tenang dan fokus melakukan teknik yang tepat. Untuk itu, berikut dua teknik yang dapat Anda terapkan beserta cara melakukannya:

    • U-turn

    Teknik ini adalah yang paling mudah dan banyak dilakukan. U-turn dapat Anda lakukan di jalan atau area yang cukup luas, terutama saat hendak berpindah ke jalur berlawanan.

    Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memposisikan mobil serta mengatur transmisi pada gigi pertama. 

    Setelah itu Anda dapat menghentikan pergerakan mesin sembari memperhatikan keadaan sekitar. Jika dirasa aman, Anda dapat melepas rem dan melaju.

    Ketika menerapkan teknik putar balik mobil ini, Anda perlu memperhatikan kendaraan lain yang berada di sebelah mobil. Hal ini penting untuk meminimalisir kecelakaan yang terjadi.

    • Three Point-turn

    Seperti julukannya, teknik ini dilakukan melalui tiga titik perhentian mobil. Anda perlu mengatur transmisi gigi satu, kemudian memutar kemudi berlawanan arah dengan posisi kendaraan. 

    Ketika mobil Anda berada di sisi kiri, maka Anda perlu menginjak gas dan memutar mobil ke kanan.

    Sewaktu space di depan habis, belokkan kemudi ke kiri dengan memasukkan gigi mundur dan menginjak gas. 

    Terakhir, set transmisi gigi pertama dan belokkan mobil ke arah kanan. Teknik ini tepat untuk Anda lakukan di area atau jalan yang sempit.

    Itulah dua teknik memutar balik kendaraan yang perlu Anda ketahui. Jika sudah terbiasa, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Namun, selalu pastikan melakukannya dengan fokus dan berhati-hati!

    Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menerapkan Teknik Putar Balik Mobil

    Dalam berkendara, Anda tidak boleh egois dan memikirkan diri sendiri. Ini demi keamanan diri sendiri dan orang lain. Saat memutar balik kendaraan, terdapat beberapa hal penting yang harus diketahui, diantaranya yaitu:

    • Perhatikan Rambu Lalu Lintas