Berita

    Jangan Panik, Kenali Penyebab Mobil Brebet Saat di Gas Beserta Solusinya

    Pernah anda mengalami mesin mobil brebet pada saat menekan pedal gas? Mobil akan terasa tersendat pada saat mobil melaju dan jelas itu akan sangat mengganggu. Bagi pengendara, mengemudi akan terasa berat.  Sedangkan bagi pengemudi, perjalanan pun akan terasa kurang nyaman, terutama jika hal ini terjadi saat harus melalui perjalanan jauh. Sudah pasti menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Jangan langsung menyimpulkan bahwa Anda akan mengeluarkan banyak biaya untuk mengatasi masalah ini.  

    Beberapa penyebab mobil brebet bahkan sepele yang ternyata bisa Anda cek dan perbaiki tanpa harus keluar biaya besar. Berikut ini penyebab dan solusi ketika Anda mengalaminya.  

    Penyebab Mobil Brebet saat di Gas dengan Solusinya

    Baik itu mobil baru atau lama, masalah brebet ini bisa terjadi kapan saja. Anda mungkin saja kurang memperhatikan soal perawatan dan cara mengendarai yang benar. Nah, jika anda ingin mengetahui penyebab utama tersebut perlu mengecek beberapa hal berikut ini. 

            1. Filter Bahan Bakar Yang Bermasalah

    Pengecekan pertama bisa Anda dilakukan pada bagian filter bensin. Sebenarnya filter ini harus dicek berkala pada saat Anda servis rutin atau saat Anda membersihkan mobil. Filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam bahan bakar.  Tujuannya agar kotoran tidak masuk ke dalam ruang bakar sehingga mesin mobil menjadi brebet. Selain itu ketika filter ini kotor juga akan menghambat suplai bahan bakar ke ruang bakar.  

    Karena alasan tersebut, mobil yang Anda gunakan akan tersendat sendat saat di gas dalam kecepatan tertentu. Untuk mengatasi masalah ini, langkah pertama yaitu dengan cara mengecek kondisi filter bahan bakar dan membersihkannya. Pada saat membersihkan filter sebaiknya gunakan cairan khusus sambil disemprot.  

            2. Busi Mulai Rusak

    Penggunaan busi yang tidak sesuai standar dan melebihi usia pemakaian ternyata juga menjadi penyebab mobil brebet saat di gas. Busi yang bekerja untuk memproduksi percikan api dari tegangan listrik berperan penting agar terjadi pembakaran. Tanpa adanya komponen ini mesin mobil tidak dapat dinyalakan dan jika bermasalah akan muncul efek brebet. Anda bisa mengecek apakah busi masih bekerja, jika kotor bisa dibersihkan terlebih dahulu. Ciri busi yang kotor adalah berwarna hitam dan akan bekerja dengan baik jika masih berwarna merah bata.