Berita

    Apa itu Tune Up Mobil, Fungsi dan Berapa Harganya?

    Apakah Anda sudah pernah mendengar kata “tune up mobil”? Bila Anda merupakan pemilik mobil, pasti perawatan ini menjadi istilah yang sudah tidak asing lagi didengar. Malah, mungkin Anda sudah pernah memperoleh perawatan ini di bengkel resmi. 

    Sebenarnya, perawatan jenis apa ini? Apa fungsi yang dimilikinya, dan berapa harga yang harus dibayar ketika melakukan perawatan ini? Berikut selengkapnya!

    Pengertian Tune Up Mobil

    Pertama kali digunakan di industri otomotif, tune up memiliki arti sistem pembakaran kendaraan. Sehingga, dulunya ketika mobil melakukan perawatan ini, kondensor serta breaker point akan disesuaikan atau diganti, kemudian distributor rotor atau cap akan dilakukan penginstalan, serta timing pembakaran yang diganti.

    Proses ini hampir sama seperti ketika Anda sedang menyesuaikan instrumen musik. Pembakaran harus sesuai dan bekerja dengan baik agar dapat menghasilkan performa optimal. Namun sekarang, istilah tune up sudah berbeda. 

    Tune up menjadi perawatan yang umum dilakukan agar mobil dapat lebih awet serta memastikan mobil beroperasi dalam performa yang terbaik. Umumnya, waktu melakukan tune up sama dengan perawatan regular yang disarankan. 

    Fungsi Tune Up Pada Mobil

    Ketika mesin kendaraan digunakan secara terus menerus dalam waktu lama, mesin akan kehilangan efisiensinya. Dengan melakukan tune up mobil, kerusakan dapat diperbaiki, bahkan dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar 4 hingga 12 persen. 

    Bukan hanya itu, tune up juga dapat mencegah masalah pada mobil agar tidak menjadi semakin parah. Ketika mobil sudah selesai melakukan tune up, maka performa yang dimiliki akan jauh lebih baik, dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang juga meningkat tinggi.

    Perbedaan Tune Up dan Service

    Hingga sekarang, tidak sedikit pemilik kendaraan yang menganggap service sama dengan melakukan tune up. Memang, tune up dan service mempunyai tujuan yang sama, yaitu membuat mobil dalam kondisi prima. Namun, tentu saja lingkup yang dikerjakan tidak sama. Berikut perbedaannya:

            1. Tujuan

    Service memiliki tujuan agar dapat memastikan jika semua komponen mobil bekerja dengan maksimal. Tetapi, tune up memiliki tujuan memastikan kinerja mobil dapat meningkat seperti sebelumnya. 

            2. Lingkup Pengerjaan

    Selain tujuan, lingkup pengerjaan keduanya juga berbeda. Service mempunyai lingkup pekerjaan yang lebih sedikit seperti pembersihan dan pengecekan sejumlah komponen. Selain itu, service rutin juga menjadi bagian pengecekan ketika melakukan tune up. Tune up mempunyai lingkup pekerjaan yang jauh lebih luas, bahkan hingga ke performa mobil.